pengertian perencanaan usaha

√Definisi Perencanaan Usaha, Langkah, Tujuan, Manfaat [Lengkap]

Pengertian Usaha

gambar troli, pengertian usaha
pict by google

Definisi usaha jika diartikan secara general atau umum yaitu merupakan aktivitas yang dilakukan manusia secara menyeluruh untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Jika diartikan secara khusus, istilah usaha dapat diartikan ke dalam banyak makna yang mana istilah usaha ini digunakan. Dalam bidang bisnis misalnya, usaha biasanya pengertiannya identik dengan suatu aktivitas bisnis, sedangkan di dalam dunia fisika, usaha dapat diartikan sebagai salah satu faktor dalam perpindahan suatu benda dengan suatu gaya.

Definisi Usaha Menurut Para Ahli

definisi usaha menurut para ahli
pict by google

Kamajaya

Menurut Kamajaya, pengertian usaha (dalam ilmu fisika) ialah suatu perpindahan energi melalui gaya yang dapat membuat benda menjadi berpindah.

Efrizon Umar

Efrizon Umar mengartikan usaha (dalam ilmu fisika) sebagai sebuah resultan gaya yang bekerja pada benda yang menyebabkan pergerakan dan perpindahan posisi benda.

Aip Saripudin

Menurut Aip Saripudin, definisi usaha (dalam ilmu fisika) merupakan setiap gaya yang diberikan pada benda.

Tetty Yulliawati dan Denny Indra Sukry

Menurut Tetty Yulliawati dan Denny Indra Sukry, pengertian usaha (dalam ilmu fisika) ialah besarnya gaya yang bekerja pada suatu benda sehingga benda tersebut dapat mengalami aktivitas perpindahan kesuatu tempat (posisi).

Wasis dan Sugeng Yuli Irianto

Menurut Wasis dan Sugeng Yuli Irianto, usaha pada umunya merupakan suatu upaya manusia yang ditujukan untuk dapat mencapai tujuan tertentu. Sedangkan usaha dalam ilmu sains  menurut Wasis dan Sugeng ini adalah merupakan gaya yang diberikan sebuah benda yang dapat menciptakan perpindahan posisi benda tersebut.

Nana Supriatna, dkk

Menurut Nana Supriatna dkk, pengertian usaha merupakan aktivitas atau pun kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh manusia dalam rangka mencapai sebuah tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Pengertian Perencanaan Usaha

pengertian perencanaan usaha
pict by google

Perencanaan usaha berasal dari kata “perencanaan” dan “usaha”.

Arti perencanaan sendiri dalam pengertian ekonomi yaitu sebuah “fungsi manajemen” yang berhubuungan dengan pemilihan visi, kebijakan, strategi, aturan, program, juga anggaran.

Sedangkan arti usaha ini adalah, seluruh kegiatan yang dilakukan oleh individu, maupun kelompo individu yang dilakukan secara legal dengan menggunakan cara mengkombinasikan sumber daya atau faktor-faktor produksi dalam menyediakan barang atau jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh manfaat finansial, yaitu dengan laba bisnis atau laba usaha (Business Profit).

Dari dua pengertian diatas, dapat kita simpulkan bahwa arti dari sebuah perencanaan usaha yaitu adalah, sebuah proses penentu dari banyak aspek seperti:

  • Visi, yaitu cita-cita untuk masa depan perusahaan dalam melakukan pelaksanaan sebuah usaha.
  • Misi, adalah suatu ciri khas atau keunikan yang dapat membedakan sebuah perusahaan yang satu dan lainnya, misi juga dibuat untuk mengidentifikasikan ruang lingkup kegiatan usaha/perusahaan yang bersangkutan.
  • Tujuan, adalah hasil yang ingin dicapai dari target-target maupun sasaran perusahaan.
  • Strategi, adalah cara yang ditempuh dalam teknik atau rencana untuk mencapai sebuah tujuan usaha dengan melibatkan semua sumberdaya atau faktor produksi yang dimiliki perusahaan.
  • Kebijakan, Rangkaian konsep yang telah di buat dalam strategi, yang dijadikan sebuah pedoman dalam pelaksaanaan suatu pekerjaan.
  • Prosedur, Serangkaian kegiatan yang jelas, dengan pelaksanaan tindakan atau operasi yang harus dijalankan dengan cara yang telah disepakati.
  • Aturan, Hasil dari perbuatan mengatur dengan segala sesuatu yang telah diatur, aturan dibuat untuk menambah kedisplinan. Terlebih jika di dalam perusahaan, aturan selalu diberlakukan kedalam setiap strategi & prosedur perusahaan.
  • Program, Rancangan menegnai asas serta usaha dalam ketatanegaraan, perekonomian, dll.
  • Anggaran, Perencanaan dana pada suatu perusahaan atau organisasi yang disusun secara terpadu dan dijelaskan kedalam satuan unit.

anggaran yang dimaksudkan dari aspek diatas yaitu adalah anggaran dana yang diperlukan dalam menjalankan suatu usaha atau bisnis tertentu.

Langkah-langkah dalam perencanaan usaha

langkah-langkah perencanaan usaha
pict by google

Analisis pasar

Langkah awal dalam menentukan perencanaan usaha ialah analisis pasar ialah suatu penganalisasisan atau penyelenggaran dalam mempelajari berbagai masalah pasar. Analisis pasar dilakukan setelah produk sudah ditentukan, dan menejemen sudah siapkan , maka langkah pertama yang harus ditambahkan yaitu adalah mengadakan analisa pasar. Dengan maksud agar ketika produk yang kita usahakan sudah berproduksi dengan baik dan manajemen yang dilakukan sudah benar maka selanjutnya kita tidak akan bingung untuk menditribusikan produk yang telah kita buat.

Keberhasilan usaha perusahaan juga dapat ditentukan dengan ketepatan strategi pemasaran yang telah diterapkan dengan dasar memeperhatikan situasi dan kondisi dari analisis pasar.

Mencari informasi harga sarana produksi

Langkah kedua dalam prencanaan usaha yaitu dengan adanya pencarian informasi harga dari sarana produksi, dengan contoh Informasi harga yang diketahui oleh seorang pengusaha agribisnis unggas petelur diantaranya seperti:

  • Harga
  • Kandang
  • Pakan
  • Pullet
  • Obat
  • Vitamin
  • Peralatan dll.

Menghitung biaya produksi

Biaya produksi dapat dibedakan menjadi dua yaitu, biaya investasi atau biaya tetap dan biaya variabel atau biaya tidak tetap. Biaya investasi ialah biaya yang pada umumnya dikeluarkan pada awal kegiatan proyek dengan jumlah yang cukup besar.

Biaya investasi atau biaya tetap (Fix cost) adalah biaya untuk investasi yang tidak habis pakai. Komponen biaya tetap terdiri dari:
  1. Tanah/Lokasi
  2. Bangunan
  3. Peralat

Konsep penghitungan biaya variabel/ tidak tetap. Biaya tidak tetap atau sering disebut variable cost merupakan biaya yang habis untuk dipakai juga anggaran yang telah ditetapkan oleh variable coast ini dapat berubah-ubah sesuai dengan penggunaan kebutuhan

Menghitung hasil usaha

Hasil usaha dapat dihitung dengan diketahuinya total dari biaya dan pendapatan. Juga suatu usaha dapat dikatakan untung apabila pendapatan lebih besar dari pada biaya produksi.

Tujuan utama dari suatu perencanaan usaha adalah

tujuan perencanaan usaha
pict by google

Action plan

Sebuah perencanaan usaha dapat membantu dalam mengambil sebuah tindakan bisnis dengan membagi masalah besar ke dalam masalah-masalah kecil yang tidak terlalu rumit. Sebuah rencana usaha berfungsi dalam proses memilah-milah, dengan maksud membagi menjadi bagian-bagian kecil yang lebih jelas. Dengan demikian suatu masalah bisnis yang besar dapat dilihat sebagai sebuah urutan masalah yang kecil. Juga dengan pemecahan masalah kecil terlebih dahulu, dapat membuat harapan untuk masalah besar dapat tercepahkan.

Road map

Road map yang dimaksudkan ialah Sebuah rencana bisnis yang dapat membantu dalam ketetapan fokus suatu usaha dalam arah yang diinginkan untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan. Juga perencanaan usaha akan membantu pihak lain untuk dapat memahami visi usaha yang akan dijalankan, termasuk supplier, pekerja, mitra bisnis, teman dan keluarga.

Sales tool

Sales tool adalah sebuah konsep perencanaan usaha yang menjadi sebuah alat bantu penjualan, juga alat yang dapat dipergunakan dalam meyakinkan investor untuk menempatkan investasinya di usaha kita. Sebuah perencanaan usaha yang telah ditulis dengan baik memiliki potensi dalam mendekatkan pengelola usaha dengan pihak-pihak yang melihat bahwa ide bisnis yang ditawarkan juga dapat menguntungkan mereka.

Manfaat dari perencanaan usaha

gambar manfaat
pict by google
Manfaat yang dapat kita peroleh dalam perencanaan usaha adalah, kita dapat memiliki bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan, baik itu sebuah persetujuan maupun penolakan terhadap kelayakan suatu rencana usaha yang akan direalisasikan sesuai dengan kepentingan pihak yang terkait didalamnya. Selain itu manfaat penambah dari perencanaan usaha ialah, kita dapat mengetahui analisa biaya yang dapat ditinjau melalui Aspek-aspek diantara lain sebagai berikut:

Aspek-Aspek Perencanaan Usaha

  • Aspek kebijakan pemerintah
  • Aspek distribusi nilai tambah pada seluruh masyarakat
  • Aspek nilai investasi per tenaga kerja
  • Aspek pengaruh sosial
  • Serta aspek analisis kemanfaatan dan beban sosial

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan