pengertian usaha

Pengertian Usaha

Pengertian Usaha

Jika diartikan secara general, usaha merupakan setiap aktivitas yang dilakukan manusia untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Dan jika usaha diartikan secara khusus, istilah usaha dapat diartikan ke dalam banyak makna dan makna tersebut akan sangat bergantung dengan di mana istilah usaha ini digunakan. Di bidang bisnis misalnya, usaha biasanya identik dengan suatu kegiatan bisnis, sedangkan jika di dunia fisika, usaha dapat diartikan sebagai faktor dari perpindahan dengan gaya.

Definisi Usaha Menurut Para Ahli

pengertian usaha menurut para ahli
canacosanluis.com
1. Menurut Hughes dan Kapoor, sebagaimana yang telah  dikutip oleh Buchari Alma dalam karya buku Pengantar Bisnisnya, itu menjelaskan defenisi usaha sebagai suatu kegiatan individu untuk melakukan sesuatu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.
2. Dalam pandangan Straub dan Attner, usaha adalah suatu organisasi yang menjalankan aktivitas produk dan penjualan barang-barang serta jasa-jasa yang diinginkan oleh konsumen untuk memperoleh profit.
3. Menurut Harmaizar Z dalam buku Menangkap peluang Usaha definisi Usaha atau dapat juga disebut suatu perusahaan adalah suatu bentuk usaha yang melakukan kegiatan secara tetap dan terus menerus dengan tujuan untuk bisa memperoleh keuntungan, baik yang telah diselenggarakan oleh perorangan maupun badan usaha yang berbentuk badan hukum atau tidak berbentuk badan hukum, yang didirikan dan berkedudukan di suatu daerah dalam suatu negara.
4. Menurut Hughes dan Kapoor usaha ialah:
“Business is the organized effors of individuals to produce and sell for a profit, the goods and services that satisfy society’s needs”
Maksudnya auatu usaha atau bisnis adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh setiap individu untuk melakukan sesuatu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna untuk mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pengertian Usaha dalam Sudut Pandang Ilmu Fisika

pengertian usaha dalam ilmu fisika
pict by google
Dalam sudut pandang ilmu fisika, juga khususnya dalam  segi mekanika, usaha mengandung definisi sebagai segala sesuatu yang telah dilakukan oleh gaya pada suatu benda sehingga benda itu dapat bergerak. Agar usaha bisa langsung bekerja, maka gaya harus dikerahkan pada suatu benda hingga benda tersebut bisa menempuh jarak tertentu.
Pengertian usaha secara umum menurut fisika ini ialah suatu perubahan energi. Yang mana definisi untuk usaha kali ini ialah suatu usaha khusus dalam gaya untuk bergerak. Jadi apabila seorang mendorong dinding tetapi dinding tidak bergerak, dalam kasus tersebut torang itu tetap telah melakukan suatu usaha karena kegiatan terseut telah memberikan perubahan energi.
Yaitu energi kimia yang telah berubah menjadi energi panas, hanya saja usaha oleh gaya orang tersebut tidak dapat untuk gerak tetapi untuk panas sehingga tidak sesuai dengan tujuan (gerak) maka diberi nilai 0.
Pengertian usaha sendiri ini ialah sejumlah gaya yang bekerja pada suatu benda, sehingga gaya tersebut dapat menyebabkan benda berpindah tempat dengan mengikuti sepanjang garis lurus yang searah dengan arah gaya.
Jadi apabila seorang mendorong dinding tetapi dinding tidak bergerak, tetap orang tersebut melakukan usaha karena telah terjadi perubahan energi yaitu energi kimia berubah menjadi energi panas, hanya saja usaha oleh gaya orang tersebut tidak untuk gerak tetapi untuk panas sehingga tidak sesuai dengan tujuan (gerak) maka diberi nilai 0.
Sebagai contoh:  seorang atlet sedang mengangkat sebuah barbel dalam suatu olimpiade kejuaraan angkat besi. dan atlet tersebut mencoba mengangkat barbel yang mula-mula terletak di lantai hingga berada di atas kepalanya dengan menggunakan gaya yang telah diberikan oleh atlet tersebut pada barbel, menyebabkan barbel dapat berpindah posisinya (berubah ketinggiannya). Oleh karena adanya gaya yang diberikan oleh atlet itu kepada barbel membuat barbel dapat berpindah sehingga dari contoh tersebut dapat kita ketahui bahwa adanya usaha yang diberikan oleh atlet tersebut kepada barbel.

Jenis-Jenis Usaha

1. Usaha Mikro

jenis usaha mikro
pict by google

Usaha mikro ialah usaha produktif milik orang perorangan atau badan usaha perorangan yang telah dapat memenuhi kriteria Usaha Mikro.

Selain itu definisi dari usaha mikro ini adalah sebuah usaha produktif milik perorangan yang mana peraturannya telah di ataur kedalam Undang-Undang Badan Usaha. Kriteria asset: Maks. 50 Juta, kriteria Omzet: Maks. 300 juta rupiah.

2. Usaha Kecil

jenis usaha kecil
pict by google

Usaha kecil adalah segala kegiatan ekonomi rakyat yang bersekala kecil dan memenuhi kriteria kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan serta kepemilikan.

Usaha kecil juga dapat diartikan dengan usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar yang memenuhi kriteria Usaha Kecil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang ini. Kriteria asset: 50 juta – 500 juta, kriteria Omzet: 300 juta

3. Usaha Kecil menengah (UKM)

jenis usaha kecil menengah
pict by google

Usaha menengah mempunyai pengertian sebagai usaha ekonomi produktif dapat berdiri sendiri, yang dilakukan oleh 1 orang (perorangan), atau badan usaha yang bukan merupakan anak dari perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai atau menjadi bagian, dari orang lain. Baik itu secara langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih dan hasil penjualan tahunan.

Menurut pengertiannya usaha menengahpun dapat dijelaskan sebagai ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki atau dikuasai akan menjadi bagian langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Kecil atau pun dengan usaha besar berikut dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini.  Oleh rata-rata kriteria asset: 500 juta – 10 Miliar, dan kriteria Omzet: >2,5 Miliar – 50 Miliar rupiah.

4. Usaha Besar

jenis usaha besar
pict by google

Usaha besar memiliki definisi sebagai ekonomi produktif yang dilakukan oleh badan usaha dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil dari keseluruhan penjualan pada akhir tahun dengan pendapatan lebih besar dari Usaha Menengah, yang meliputi usaha nasional milik negara atau swasta, usaha patungan, dan usaha asing yang melakukan kegiatan ekonomi di Indonesia.

Karena usaha besar ini masuk kedalam usaha ekonomi produktif, maka usaha yang bersifat produktif ini memiliki  kriteria kekayaan usaha bersih di atas Rp10.000.000.000,00, (sepuluh milyar rupiah) itupun tidak termasuk kedalam perhitungan tanah dan bangunan, tempat usaha, serta penerimaan dana kredit dari bank yang nilainya mencapai milyar rupiah

Menurut Badan Pusat Statistik, usaha besar adalah usaha dengan jumlah pegawai/karyawan di atas 100 orang.

Tujuan Usaha

tujuan dari usaha
pict by google
  1. Untuk memenuhi kebutuhan hidup
  2. Untuk kemaslahatan keluarga
  3. Usaha untuk bekerja
  4. Untuk memakmurkan bumi

Syarat Terjadinya Usaha

  1. Adanya gaya yang bekerja pada suatu benda;
  2. Adanya perpindahan yang dialami oleh benda tersebut.

Rumus Usaha Pada Suatu Benda yang Searah

rumus usaha pada suatu benda yang searah
Hitungan untuk satuan usaha disebut  joule (J), yang mana nilainya adalah 1 J = 1 N x 1 m = 1 Nm. Pada kasus tersebut, gaya yang dapat bekerja pada suatu benda yang searah dengan cara perpindahan benda tersebut.

Rumus Usaha Pada Suatu Benda yang Tidak Searah

rumus usaha pada suatu benda yang tidak searah
Dan jika tidak searah ini memiliki gaya yang bekerja pada sebuah barang menjadi tidak searah dengan arah perpindahan benda lainnya. Maka usaha yang dilakukan pun akan menjadi lebih kecil, sehingga usaha yang dilakukan pada suatu benda akan menjadi tidak matematis.

 

Tinggalkan Balasan