gambar pengrtian iklan

√Pengertian Iklan: Manfaat, Fungsi, Tujuan, Syarat iklan. Terbaru!

Masih bingung dengan pengertian iklan? Pengertian Iklan adalah suatu bentuk informasi yang dilakukan dan diberikan oleh seseorang instansi, lembaga atau perusahaan.

Dengan memberikan informasi yang isinya berupa pesan yang menarik tentang sebuah produk atau jasa dari perusahaan yang ditujukan kepada khalayak.

Maksud dan tujuan iklan dibuat yaitu untuk membujuk atau mendorong masyarakat agar menjadi tertarik dengan menggunakan produk atau jasa yang telah ditawarkan melalui iklan tersebut.

Biasanya iklan dipasang dalam berbagai media yang bertujuan agar dapat dilihat oleh banyak orang, baik itu media offline maupun media online.

Beberapa media tersebut diantaranya yaitu:

  • Majalah
  • Tabloid
  • Telefisi
  • Situs Berita
  • Blog
  • Media Sosial
  • Mesin Pencari
  • Tempat-tempat umum

Pada umumnya iklan berisi tentang informasi yang non personal. Informasi itu berupa sebuah produk, jasa, perusahaan, merek atau brand, dan lainnya diikuti dengan kompensasi biaya tertentu.

Semua pemberitahuan atau komunikasi dalam bentuk iklan ini bertujuan untuk menarik perhatian atau membujuk orang lain untuk membeli atau melakukan sesuatu yang menguntungkan si pembuat iklan.

Pengertian Iklan Menurut Para Ahli

pengertian iklan, pengertian menurut para ahli
pict by google

Untuk lebih memahami apa arti iklan maka kita dapat merajuk kepada pendapat beberapa ahli. Maka untuk lebih mengetahuinya secara detail, Berikut ini adalah definisi iklan menurut para ahli:

1. Kotler (2002)

Menurut Kotler iklan dijelaskan sebagai bentuk penyajian dan promosi tentang ide, barang, jasa. Yang dilakukan secara non personal oleh suatu sponsor tertentu dimana untuk penayangannya biasanya harus dengan membayar suatu media.

2. Lee (2004)

Lee menjelaskan bahwa iklan ialah sebuah bentuk komunikasi komersil dan non-personal yang merujuk kepada sebuah organisasi dan produk-produknya.

Dengan mentransmisikan ke khalayak ramai dengan target melalui media yang bersifat masal seperti televisi, radio, majalah, koran, direct mail (pengeposan langsung), reklame luar ruangan, dan kendaraan umum.

3. Rhenald Kasali (1992)

Simple saja bahwa menurut Rhenald Kasali iklan diartikan secara sederhana yaitu berupa sebuah pesan yang menawarkan sesuatu produk yang ditunjukan kepada masyarakat melalui media.

4. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI),iklan adalah berita atau pesan yang bertujuan untuk mendorong atau membujuk khalayak ramai agar tertarik pada jasa atau barang yang ditawarkan.

Juga memberi pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dengan cara memasangnya didalam media massa ( seperti surat kabar, majalah, sosial media) atau di tempat umum.

5. wikipedia

Iklan menurut Wikipedia memiliki pengertian yaitu adalah iklan atau pariwira merupakan promosi benda seperti barang, jasa, tempat usaha atau ide yang harus di bayar oleh sponsor.

Dalam dunia manajemen pemasaran, iklan merupakan salah satu dari strategi promosi secara global atau keseluruhan.

6. Kriyantono (2008)

Kriyantono mengemukakan bahwa iklan merupakan bentuk komunikasi non-personal yang menjual pesan-pesan secara persuasif dari sponsor yang jelas digunkan untuk mempengaruhi orang agar membeli produk dengan membayar biaya untuk media yang digunakan.

7. Durianto (2003)

Durianto mendefinisikan iklan sebgai proses komunikasi yang berjutuan untuk membujuk orang-orang agar mengambil tindakan yang menguntungkan bagi pihak pembuat iklan.

5. Suhandang (2005)

Menurut Suhadang iklan memiliki pengertian sebagai salah satu jenis teknik komunikasi massa dengan membayar ruangan atau waktu untuk menyiarkan informasi tentang barang dan jasa yang ditawarkan oleh si pemasang iklan.

6. Gilson & Berkman (1980)

Gilson dan Berkam memberikan pengertian iklan adalah media komunikasi persuasif yang dirancang sedemikian rupa untuk menghasilkan respon dan membantu tercapainya objektifitas atau tujuan pemasaran.

7. Russel & Lane (1990)

Mereka membreikan pengertian dengan berpendapat bahwa iklan ialah suatu pesan yang dibayar oleh sponsor dan disampaikan melalui beberapa media komunikasi massa.

8. Wright (1978)

Wright mendefinisikan tentang iklan bahwa iklan merupakan sebuah proses komunikasi yang memiliki kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran yang sangat membantu dalam menjual barang, memberikan layanan dan gagasan melalui saluran tertentu dalam bentuk informasi persuasif.

9. Wells (1992)

Pada tahun 1992 Well mengemukakan sebuah gagasan bahwa iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi non-personal yang dibayar oleh pihak sponsor dengan menggunakan media massa dan bertujuan untuk membujuk dan mempengaruhi audience (penonton, pendengar atau pembaca).

Setelah kalian mengetahui arti dan pengertian iklan, juga pengertian iklan menurut para ahli langkah awal setelah itu kalian jug harus tau tujuan dari iklan itu sendiri.

Tujuan Iklan

gambar tujuan iklan menurut pengertian iklan
pict by google

Seperti yang telah dijelaskan pada pengertian iklan diatas, ada beberapa kesamaan dari iklan yang merukuk kedapa tujuan-tujuan iklan diantaranya adalah:

  • Iklan bertujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak mengenai suatu produk barang, jasa, merek, ide, juga perusahaan.
  • Membujuk orang lain agar menjadi tertartarik untuk menggunakan produk atau jasa yang telah diiklankan.
  • Iklan menggunkan bahasa persuasif dengan menonjolkan kelebihan dari barang/produk yang ditawarkan agar menarik para pembeli/konsumen.
  • Mempengaruhi orang lain yang merupakan target marget untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan kepada mereka.

Berikut banyak pengertian dan tujuan iklan, maka kalian juga harus mengetahui manfaat iklan.

Manfaat Iklan

gambar manfaat iklan menurut pengertian iklan
pict by google

Iklan tidak akan pernah ada jika tidak membreikan manfaat bagi si pengiklan, oleh karena itu  iklan memiliki berbagai manfaat yang didapatkan oleh pengiklan. Diantaranya sebagai berikut:

  1. Produk atau jasa yang diiklankan akan semakin dikenal atau lebih terkenal di kalangan seluruh masyarakat luas.
  2. Bertambahnya konsumen baru, sehingga meningkatkan angkat penjualan produk dan jasa yang dilakukan.
  3. Besarnya keuntungan yang didapat oleh pihak pengiklan akan meningkat karena menambahnya penjualan produk/jasa yang telah diiklankan.
  4. Meningkatkan nama Brand Awarness sebuah merek di masyarakat luas sehingga masyarakat mudah mengidentifikasi produk si pengiklan.
  5. Iklan digunakan sebagai media untuk mempromosikan suatu barang atau jasa.
  6. Iklan menjadi suatu media yang digunakan produsen untuk membangun kepercayaan konsumen.
  7. Manfaat iklan juga dapat memperluas alternative bagi konsumen, karena dengan adanya iklan konsumen dapat mengetahui adanya berbagai macam produk, dan konsumen menjadi memiliki banyak pilihan.

Berbeda dengan Tujuan Iklan, Ketahui Juga tentang Fungsi Iklan atau Periklanan

Gambar fungsi iklan dalam pengertian iklan
pict by google

Seiring dengan berkembangnya zaman, pertumbuhan ekonomi iklanpun menjadi sangat pentiing karena konsumen potensial akan memperhatikan iklan dari produk yang dibelinya.

Menurut terence A shimp (2003), dan secara umum periklanan mempunyai fungsi komunikasi yang paling penting bagi perusahaan bisnis dan organisasi antara lain yaitu:

  1. Informing, memiliki arti sebagai pemberi nformasi yang membuat konsumen sadar (aware) akan merek-merek baru, serta memfasilitasi penciptaan citra merek yang positif. 
  2. Persuading (mempersuasi) iklan dengan efektif yang bertujuan untuk  mempersuasi (membujuk) pelanggan untuk mencoba produk atau jasa yang diiklankan. 
  3. Reminding (mengingatkan) iklan dengan menjaga citra merek perusahaan tetap segar didalam ingatan para konsumen. Periklanan yang efektif juga meningkatkan minat konsumen terhadap merek yang sudah ada dan pembelian sebuah merek yang mungkin tidak akan dipilihnya. 
  4. Adding Value, memiliki arti sebagai yang memberikan nilai tambah dalam Periklanan, memberikan nilai tambah pada merek dengan mempengaruhi persepsi konsumen. Periklanan yang efektif menyebabkan merek dipandang lebih elegan, bergaya, bergengsi dan lebih unggul dari tawaran pesaing lain.
  5. Assisting (mendampingi) peran utama periklanan yaitu sebagai pendamping yang memfasilitasi upaya-upaya lain dari perusahaan dalam proses komunikasi pemasaran. Sebagai contoh, periklanan mungkin digunakan sebagai alat komunikasi untuk meluncurkan promosi-promosi penjualan seperti kupon-kupon dan undian. Peran penting lain dari periklanan adalah membantu perwakilan dari perusahaan.

Lebih dalam mengenali dunia iklan dan periklanan, kenali juga syarat-syarat iklan

syarat-syarat iklan menurut pengertian iklan
pict by google

Iklan tidak akan tiba-tiba muncul dan terjadi begitu saja. nah, agar sebuah iklan dapat menjadi sebuah iklan yang baik maka harus mengandung syarat-syarat berikut ini:

  1. Iklan harus mengandung sifat objektif, proposional, dan jujur.
  2. Iklan harus berisi informasi yang jelas, padat, dan mudah dipahami oleh banyak orang (khalayak).
  3. Iklan sebaliknya dikemas dengan sedemikian rupa agar mendapatkan tampilan yang dapat menarik perhatian dan minat dari khalayak.
  4. Iklan diharuskan untuk tidak saling menyinggung, menyakiti, atau merendahkan pihak/produk lain.

Baik teman-teman diatas tadi adalah penjelasan mengenai pengertian iklan, yang saya jelaskan pengertian secara umum, pengertian iklan menurut para ahli, tujuan, manfaat, fungsi iklan dan syarat-syarat iklan. Semoga bermanfaat ya, Terimakasih.

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan