pengertian branding

√ Pengertian Branding (jenis-jenis, fungsi, tujuan, unsur dan manfaat)

Perkembangan zaman dan globalisai membuat batasan ruang didunia ini menjadi tidak ada.

Oleh sebab itu kini semua informasi semakin mudah untuk diakses dan dinikmati oleh semua kalangan tanpa terkecuali.

Tidak hanya batasan ruang, globalisasi juga membawa pengaruh pada semua aspek kehidupan tidak terkecuali dalam dunia di bidang bisnis.

Salah satu aspek globalisasi dalam segi informasi yaitu Branding.

Pengertian Branding

contoh gambar pengertian branding
pict by google 

Kata Branding berasal dari kta Brand yang dalam bahas Indonesia di kenal dan diartikan sebagai merek. Dalam pengunnaanya karena brand berarti merek.

Maka pengertian branding adalah suatu hal yang digunakan dalam berbagai kegiatan komunikasi.

Kegiatan komunikasi yang dilakukan dengan cara branding biasanya digunakan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan untuk membangun dan membesarkan sebuah nama brand atau merek.

Branding sendiri juga dikenal sebagai salah satu hal penting yang harus dibangun oleh sebuah bisnis di dalam era globalisasi.

Karena telah adanya hilangnya batasan dalam era globalisais ini membuat para pesaing usaha semakin banyak dan ketat.

Contoh dari ketatnya persaingan bisnis dalam era globalisasi ini yaitu, terdapat banyaknya perusahan atau bisnis yang berasal dari luar negeri dapat berada dan berdiri di Indonesia.

Bahkan tidak hanya satu atau dua saja, tetapi semakin berkembangnya zaman era globalisasi terdapat banyak sekali bisnis yang yang masuk dan berkembang pesat di Indonesia.

Oleh karena itu agar kita dapat dengan mudah untuk bersaing dalam usaha bisnis sebaiknya kita harus memiliki dan membangun Brand dari usaha bisnis kita sendiri.

Karena jika kita memiliki sebuah nama brand atau merek yang kuat itu akan dapat dengan mudah dikenal oleh konsumennya sehingga sebanyak apapun pesaing tidak akan berpengaruh dengan bisnis kita jika kita sudah memiliki brand yang kuat dan terkenal.

Branding sendiri memiliki banyak pengertian, begitu juga pengertian-pengertian menurut para ahli dalam branding diantaranya sebagai berikut.

Pengertian Branding Menurut Para Ahli

gambar pengertian branding menurut ahli dalam pengertian branding
pict by google

a. Landa (2006)

Pada tahun 2006 Landa mengemukakan sebuah pengertian branding yang berisi bahasa branding menurutnya yaitu branding bukanlah sekedar merek atau nama dagang dari sebuah produk, jasa, dan perusahaan.

Namun semuanya itu berkaitan dengan hal-hal yang kasa mata dalam sebuah merek muali dari nama dagang, ciri visual, logo.

Tidak hanya itu adapun hal-hal lain yang kasa mata yaitu sebuah kreadibilitas, karakter, presepsi, kesan, dan anggapan yang ada pada konsumen.

b. Kotler (2009)

Sedikit berbeda dengan menurut Landa, pengertian branding menurut Kotler yaitu branding meerupakan nama, istilah, tanda, simbol.

Tidak hanya itu menurut kotler branding juga dimaksudkan sebagai rancangan atau kombinasi dari semuanya untuk mengidentifikasi barang, jasa, atau kelompok penjual dengan tujuan untuk membedakanya dari barang atau jasa pesaing.

Namun lambat laun semakin berkembangnya zaman dan era globalisais membuat definisi branding semakin berkembang hingga kini branding didefinisikan sebagai kumpulan kegiatan komunikasi.

Kegiatan komunikasi branding yang dilakukan perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan nama merek juga brand itu sendiri.

Bagi perusahaan branding, branding tidak hanya dikenal dengan sekedar merek atau produk tetapi juga sebagai image perusahaan secara keseluruhan atau bagaimana masyarakat merasa bahwa perusahaan kita merupakan yang terbaik.

Setelah kita mengetahui arti dan pengertian branding lebih baik lagi jika kita juga mengetahui unsur-unsur dari branding,

Unsur-Unsur Branding

unsur-unsur branding dalam pengertian branding
pict by google

Karena sebuah brand adalah identitas, maka kegiatan branding juga akan menyangkut pada pengenalan identitas pada masyarakat. Maka dalam proses branding tersebut kita harus memahami unsur-unsur yang harus kita ketahui dan kita sertakan dalam sebuah brand agar produk kita mudah diingat.

Berikut unsur-unsur branding yang harus kita penuhi adalah:

1. Nama Merek/brand

Nama Merek, nama adalah hal pertama yang harus dipenuhi jika kita akanmembuat branding. karena tanpa sebuah nama, maka produk kita tidak akan memiliki identitas.

2. Logo

Logo (logo type, monogram, bendera), dalam branding maka logo pun sangat dibutuhkan karena logo dapat memberikan faktor keunikan dan image yang sesuai dengan brand. Jadi dengan penggunaan logo yang unik itu akan memudahkan untuk dikenali dan diingat oleh masyarakat.

3. Tampilan Visual

Tampilan Visual, tampilan visual ini bisa diaplikasikan pada desain produk juga desain kemasa, desain seraga, dll. Dengan menggunakan tampilan visual dengan warna-warna yang menarik dan cerah atau elega itu dapat menambah citra terhadap sebuah produk branding tersebut.

4. Kata-Kata (Slogan,Tagline,Jingle,Akronim)

Kata-kata  slogan yang cerdas selalu dapat meninggalkan kesan yang mendalam bagi yang melihatnya. Hal itulah yang masuk kedalam proses pembuatan brand.

Karena dengan mengunakan kata-kata (slogan) yang memiiki unsur cerdas, positif, edukatif, dan mudah diingat itulah yang membuat brand kita beda dengan brand lain.

Setelah kita mengetahui unsur-unsur dari branding lebih baik lagi kita mengetahui jenis-jenis branding.

Agar makin paham mengenai branding, ketahui juga jenis-jenis branding berikut ini

jenis-jenis branding dalam pengertian branding
pict by google

a. Product Branding

Product branding ini adalah salah satu jenis-jenis branding yang paling sering kita ketahui atau yang paling umum. Hal ini dikarenakan produk atau merek yang berhasil dalam branding adalah produk yang mampu atau dapat mendorong konsumen untuk memilih produknya sendiri diatas produk kompetitor.

b. Personal Branding

Salah satu istilah dalam jenis-jenis branding yang memiliki arti sebagai alat pemasaran yang paling populer didalam kalangan public figur. Seperti artis, musisi, politisi, influencer, dan orang-orang terkenal maupun orang-orang yang berpengaruh dalam bidangnya sehingga mereka memiliki pandangan tersendiri di mata masyarakat.

Biasanya personal branding ini lebih sering digunakan dalam penjualan maupun pemasaran produk/brand didalam media sosial/internet.

c. Corporate Branding

Dalam semua aspek perusahaan pasti dibutuhkannya corporate branding. Karena corporate branding menangani mulai dari produk atau jasa yang ditawarkan sampai kontribusi karyawan dimata masyarakat. Hal inilah yang membuat Corporate Branding menjadi sangat penting untuk pengembangan reputasi juga citra perusahaan didalam pasar bisnis.

d. Geographic Branding

Satu istilah ini memiliki tujuan dalam mengenalkan produk atau jasa ketika suatu nama lokasi disebutkan oleh seseorang. Misalnya ketika seseorang menyebutkan nama kota, yang misalnya kota yogyakarta maka hal yang paling di ingat adalah gudeg atau bakpia. Bisa dibilang bahwa Geographic Branding adalah salah satu ciri khas dari salah satu kota maupun daerah.

e. Cultural Branding

Culture yang berarti lingkungan membuat pengertian dari Cultural Branding disebut sebagai sebuah program untuk mengembangkan sebuah reputasi tentang lingkungan dan orang-orang sekitar dari lokasi atau kebangsaan tertentu. Setelah mengetahui branding, tak lengkap rasanya jika kita belum mengetahui fungsi dan tujuan dari brandig.

So, ini adalah fungsi dan tujuan branding yang harus kalian ketahui

fungsi dan tujuan branding dalam pengertian branding
pict by google
  • Sebagai media promosi, karena jika anda telah memiliki brand yang kuat maka promosi akan jauh lebih mudah untuk dilakukan
  • Membangun citra, keyakina, jaminan kualitas juga prestise. Karena beberapa hal ini dapat membuat bisnis kita menjadi mudah untuk diingat.
  • Sebagai pembeda, fungsi dari branding yang satu ini adalah sebagai pembeda dimana jika perusahaan memiliki merek atau nama brand yang kuat maka akan lebih mudah untuk dibedakan dengan kompetitor.
  • Pengendalian dalam pemasaran, Brand yang kuat dan terkenal akan dapat mengendalikan dunia pemasaran karena masyarakat dan khalayak sudah banyak mengenalnya.

Sementara itu tujuan dari branding sendiri yaitu untuk membentuk sebuah presepsi dalam masyarakat, membangun rasa kepercayaan masyarakat, membangun rasa cinta masyarakat kepada brand maupun produk yang telah kita buat.

Manfaat branding

manfaat branding dalam pengertian branding
pict by google

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa branding merupakan hal yang penting bagi perusahaan terlebih lagi di zaman globalisasi sekarang.

Salah satu alasanya yaitu tak lain adalah karena ada banyaknya manfaat yang dapat kita peroleh dari branding dalam perusahaan, diantaranya yaitu:

  • Branding dapat memberikan daya tarik yang besar bagi konsumen
  • Memudahkan perusahaan untuk mendapatkan loyalitas pelanggan terhadap produk atau jasa yang telah dibuat.
  • Membuka peluang perusahaan untuk menetapkan harga jual yang tinggi.
  • Branding dapat menjadi pembeda atau ciri tertentu yang dapat membedakan produk perusahaan dengan produk lain, atau produk milik kompetitor.

Berikut diatas adalah penjelasan mengenai pengertia, fungsi, tujuan, jenis-jenis, juga manfaat branding. Semoga selanjutnya anda dapat melakukan branding yang baik untuk produk maupun usaha bisnis anda.

Semoga bermanfaat, Terimakasih.

Tinggalkan Balasan