pengantar manajemen

Pengantar Manajemen

Pengertian Manajemen

definisi manajemen
pict by google

Pengertian Manajemen ialah suatu proses dalam mengatur sesuatu yang dilakukan oleh sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut dengan cara bekerja sama yang memanfaatkan sumber daya yang telah dimiliki.

Manajemen juga dapat didefinisikan sebagai upaya dalam melakukan suatu perencanaan, pengkoordinasian, pengorganisasian dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran target yang telah ditentukan dengan cara yang efisien dan efektif.

Efektif dalam hal ini memiliki tujuan untuk mencapai tujuan yang sesuai dengan perencanaan dan efisienitas yang telah dibuat, untuk melaksanakan pekerjaan dengan benar dan teroganisir.

Istilah manajemen berasal dari kata management (Bahasa Inggris), yaitu berasal dari kata “to manage” yang artinya mengurus atau melakukan tata laksana. Sehingga manajemen dapat diartikan sebagai bagaimana cara mengatur, membimbing dan memimpin semua orang yang menjadi bawahannya, agar usaha yang sedang dijalankan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

pengertian manajemen menurut ahli
pict by google

1. Harold Koontz & O’ Donnel

Dalam bukunya yang berjudul “Principles of Management” mengemukakan definisi manajemen yaitu:

“Manajemen adalah berhubungan dengan pencapaian sesuatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain” (Dayat, n.d,p.6).

2. George R. Terry

Mengungkapkan fakta pengertian dalam buku dengan judul “Principles of Management” memberikan definisi bahwa:

“Manajemen adalah suatu proses yang dapat membedakan hal-hal atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, pelaksanaan dan pengawasan. Dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya” (Dayat, n.d,p.6).

3. Ensiclopedia of The Social Sciences
Manajemen diartikan sebagai proses dalam menjalankan suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diarvasi.

4. Mary Parker Follet
Manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan yang dikerjakan melalui orang lain.

5. Thomas H. Nelson
Menurut Thoman manajemen di dalam suatu perusahaan itu adalah ilmu dan seni yang telah dipadukan oleh ide-ide, fasilitas, proses, bahan dan orang-orang untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat. Hal itu dilakukan untuk mendapakan keuantungan atau laba.

6. G.R. Terri,
Manajemen diartikan sebagai proses yang memiliki ciri khas yang terdiri atas:

  1. perencanaan,
  2. pengorganisasian,
  3. pelaksanaan
  4. dan pengawasan

Semua hal itu dilakukan untuk menentukan pencapaian dengan menggunakan sasaran-sasaran yang memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.

7. James A. F. Stoner
Manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan upaya (usaha-usaha) anggota organisasi dengan menggunakan semua sumber daya organisasi yang telah dimiliki untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

8. Oei Liang Lie
Manajemen adalah ilmu dan seni:

  • perencanaan
  • pengorganisasian,
  • pengarahan,
  • pengkoordinasian
  • dan pengawasan sumber daya manusia dan alam

Hal ini terlihat jelas terutama pada sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

9. Davis

Davis mengemukakan bahwa pengertian Manajemen merupakan fungsi dari setiap kepemimpinan eksekutif dimana pun itu.

10. Chaster I Bernard

Manajemen merupakan ilmu dan seni.

Fungsi-Fungsi Pengantar Manjemen

Berikut ini adalah beberapa fungsi-fungsi dari pengantar manajemen yang perlu kalian ketahui:

1. Fungsi Perencanaan

Pada hakekatya perencanaan adalah proses pengambilan keputusan yang merupakan dasar bagi kegiatan-kegiatan ekonomis serta efektif pada waktu yang akan datang.

2. Fungsi Pengorganisasian

Pengertian dari fungsi perorganisasian ini ialah sebagai proses dalam menciptakan hubungan-hubungan antara fungsi personialisasi kepada faktor fisik, agar aktivitas atau kegiatan dapat dilaksanakan dan disatukan serta diarahkan kepada pencapaian tujuan bersama.

3. Fungsi Pengarahan

Fungsi Pengarahan dalam pengantar manajemen ini  merupakan fungsi manajemen yang dapat menstimulir tindakan-tindakan agar bisa benar-benar untuk dilaksanakan.

4. Fungsi Pengkoordinasian

Fungsi Pengkoorfinasian ini sangatlah penting bagi suatu usaha yang betujuan untuk mengkoordinir semua aktivitas karyawan itu berjalan dengan harmonis, terarah serta dapat untuk diintergrasikan untuk mencapai tujuan bersama.

5. Fungsi Pengawasan

Fungsi pengawasan pada hakekatnya dalam pengantar manajemen ini dibutuhukan untuk mengatur apakah kegiatan sesuai dengan persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan dalam rencana untuk mencapai tujuan.

Konsep Dasar Pengantar Manajemen untuk Masa Depan

konsep dasar manajemen
pict by Indrayanti14
  • Manajemen  bertujuan meningkatkan produktivitas,ROI serta kualitas hidup manusia.
  • Manajemen  mendasarkan tindakannya pada aspek kuantitatif serta perilaku manusia.
  • Manajemen masa depan akan menghadapi isu inflasi, sumber daya(resource) yang makin langka, nilai sosial budaya masyarakat, teknologi, hubungan karyawan dan manajemen, etika dan tanggung jawab sosial, konflik-konflik serta globalisasi.
  • Manajemen dalam masa depan akan menghadapi masalah yang datang dari sektor industri, jasa dan oleh karena itu kita memerlukan informasi lebih yang lebih mudah dicari dengan menggunakan prinsip sistem informasi manajemen yang baik.

Prinsip-Prinsip Pengantar Manajemen

prinsip prinsip manajemen
pict by google

1. Pembagian kerja yang berimbang
Menjadi salah satu prinsip dalam membagi-bagikan tugas dan jenisnya kepada semua kerabat kerja, seorang manajer dan hendaknya itu semua harus bersifat adil, diantaranya juga itu harus bersikap sama baik dan memberikan beban kerja yang berimbang.
2. Pemberian kewenangan dan rasa tanggung jawab yang tegas dan jelas ini sangatlah penting dan harus dimiliki oleh setiap kerabat kerja atau karyawan. Yang hendaknya juga untuk diberikan wewenang sepenuhnya untuk menjalankan tugasnya dengan baik serta mempertanggung jawabkannya kepada atasan secara langsung.
3. Disiplin
Prinsip ke disiplin ini memiliki arti sebagai kesedian dalam  melakukan usaha atau kegiatan nyata (bekerja sesuai dengan jenis pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya) yang didasarkan oleh rencana, peraturan, serta waktu (waktu kerja) yang telah ditetapkan.
4. Kesatuan perintah
Setiap karyawan atau kerabat kerja hendaknya hanya menerima satu jenis perintah dari seorang atasan langsung (mandor/kepala seksi/kepala bagian), bukan dari beberapa orang yang sama-sama merasa menjadi atasan para karyawan/kerabat kerja tersebut.
5. Kesatuan arah
Dalam kesatuan arah ini klita memerlukan sesuatu aktivitas yang hendaknya mempunyai tujuan yang sama dan yang dipimpin oleh seorang secara langsung, serta kesatuan arah ini harus didasarkan kepada rencana yang berkaitan dengan (satu tujuan, satu rencana, serta, satu pimpinan).

 Tujuan Pengantar Manajemen

tujuan pengantar manajemen
pict by google

Tujuan manajemen menurut G.R Terry ialah sesuatu hal yan ingin diraih, hal-hal tersebut meliputi jangkauan-jangkauan tertentu. Serta hal yang mana ingin untuk menunjukkan kemana arah usaha seorang manajer. Dalam sebuah badan organisasi ataupun badan usaha, biasanya disalamnya itu memiliki tbeberapa tujuan seperti berikut:

  1. Tujuan jangka pendek (proximate), misalnya tujuan pekerjaan, tujuan tugas, dan tujuan gerak.
  2. Tujuan jangka menengah (intermediate), misalnya tujuan produksi, tujuan pemasaran tujuan keuangan, dan sebagainya.
  3. Tujuan jangka panjang (ultimate) misalnya perekruan karywan dan penyediaan tapangan kena.

Fungsi-Fungsi Pengantar Manajemen Menurut Para Ahli

1. Dalton E.M.C. Farland (1990)

Menuruut Dalton dalam pengertian  “Management Principles and Management”, fungsi manajemen terbagi menjadi 3 yaitu sebagai berikut:

  1. (Planning) Perencanaan.
  2. (Organizing) Pengorganisasian.
  3. (Controlling) Pengawasan.

2. George R. Terry (1990)

Menurut George dalam “Principles of Management”, proses manajemen dapat dibagi menjadi 4 yaitu :

  1. (Planning)  Perencanaan.
  2. (Organizing) Pengorganisasian.
  3. (Controlling) Pengawasan.
  4. (Activating) Pelaksanaan .

3. H. Koontz dan O’Donnel (1991)

Menurut dalam buku yang dibaca H. Koontz dan O’Donnel yang berjudul “The Principles of Management”, proses dan fungsi manajemen itu terbagi menjadi 4, diantaranya adalah:

  1. (Planning) Perencanaan .
  2. (Organizing) Pengorganisasian.
  3. (Controlling) Pengawasan.
  4. (Directing) Pengarahan.

Bidang-Bidang Pengantar Manajemen

Berikut dibawah ini ada beberapa  bidang pendukung dalam manajemen, diantarnya adalah:

  • Manajemen operasi atau produksi
  • Manajemen strategi
  • Manajemen pemasaran
  • Manajemen keuangan
  • Manajemen sumber daya manusia
  • Manajemen informasi teknologi

Unsur-Unsur Pengantar Manajemen

Unsur-unsur manajemen
pict by Markey

1. Manusia (Human)

Unsur atau Faktor yang paling berpengaruh dalam menentukan manajemen ialah manusia. Karena dalam praktiknya, manusia lah yang dapat membuat tujuan dan melakukan proses pencapaian dari tujuan tersebut. Dengan kata lain, proses kerja tidak akan terjadi bila terdapat unsur manusia di dalamnya.

2. Uang (Money)

Uang merupakan unsur yang sangat penting dalam manajemen yang  juga sangat berpengaruh, karena hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah yang beredar di suatu perusahaan. Unsur uang dapat menjadi salah satu alat dalam proses pencapaian tujuan dengan penggunaannya yang diperhitungkan secara rasional.

Penggunaan uang dalam suatu perusahaan adalah untuk biaya operasional seperti:

  • Pembayaran gaji pegawai,
  • Pembelian dan perawatan peralatan kantor
  • dan peralatan lainnya yang dibutuhkan oleh perusahaan.

3. Bahan (Materials)

Unsur bahan atau material ini terdiri dari beberapa raw material (bahan setengah jadi) dan bahan jadi. Unsur material merupakan faktor penting dalam dunia usaha karena hasil yang baik hanya bisa dicapai bila terdapat material yang baik.

4. Mesin (Machines)

Unsur mesin ini sangat dibutuhkan manusia untuk melakukan pekerjaan yang sulit dilakukan oleh manusia, selain itu mesin dapat membantu kegiatan manusia dalam menjadikan hal yang sulit menjadi lebih mudah dan cepat. Penggunaan mesin juga dapat meningkatkan hasil dan keuntungan, serta hal itu juga bisa membuat proses kerja menjadi lebih efektif dan efisien.

5. Metode (Methods)

Proses pelaksanaan kerja hanya dapat berjalan dengan efektif dan efisien bila dilakukan dengan metode yang tepat. Oleh karena itu suatu metode kerja harus bisa mempertimbangkan antara sasaran, fasilitas, waktu, uang, dan kegiatan bisnisyang tengah dijalankan.

Selain itu, metode yang tepat dan baik juga harus dipahami oleh manusia yang menjalankannya. Dengan kata lain, sebuah metode hanya bisa berjalan dengan baik bila manusia terlibat di dalamnya.

6. Pasar (Market)

Proses pemasaran produk merupakan unsur dalam manajemen yang memiliki sifat yang sangat krusial bagi sebuah perusahaan. Karena jika tidak ada pemasaran ini maka barang tidak akan laku dan perusahaan tidak akan bisa mendapatkan keuntungan .

Suatu bisnis dapat menguasai pasar bila perusahaan itu bisa menawarkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan minat dan daya beli konsumen. Itulah sebabnya proses pemasaran sangat erat hubungannya dengan kualitas barang yang dipasarkan.

Berikut diatas adalah penjelasan secara lengkap dari pengantar manajemen, semoga dapat bermanfaat. Terimakasih

 

Tinggalkan Balasan