macam dan jenis-jenis alat ukur

Macam-Macam Alat Ukur

Macam-Macam Alat Ukur – Di seluruh dunia ini suatu hal bisa menjadi lebih bila dilihat dengan struktur dimensi tertentu. Perihal semacam temperatur dikala memasak, dimensi panjang dikala membuat pakaian serta perihal lingkungan semacam menghitung energi luncur mesin roket tidak hendak bisa jadi dicoba secara benar bila tanpa dimensi.

Pengukuran merupakan aktivitas untuk berikan nilai, baik itu nilai besaran volume, panjang, ukuran serta yang lain pada sesuatu perihal.

Proses pengukuran dicoba dengan dasar yang logis serta metode konsumsi serta ketentuan tertentu.

Pengertian Alat Ukur

pengertian alat ukur
infastmedia.net

Alat ukur merupakan perlengkapan yang digunakan untuk mengukur barang ataupun peristiwa tersebut. Segala perlengkapan pengukur bisa terserang kesalahan perlengkapan yang bermacam- macam. Bidang ilmu yang menekuni cara- cara pengukuran dinamakan metrologi.

Fisikawan memakai banyak alat ukur buat melaksanakan pengukuran mereka. Hal Ini diawali dari perlengkapan atau alat yang simpel semacam penggaris serta stopwatch hingga ke mikroskop elektron serta pemercepat partikel.

Sejarah Alat Ukur

sejarah alat ukur
wikipedia.com

Alat ukur sudah di pakai sejak pada masa bangsa mesir kuno, pada saat itu bangsa mesir kuno sukses membangun suatu piramid memakai perlengkapan ukur yang simpel antara lain:

  1. Cubit ialah pengukuran menggunaka ujung siku hingga dengan ujung jari tengan
  2. Span ialah pengukuran memakai jengkal manusia
  3. Palm ialah pengukuran menngukana telapak tangan
  4. Digit ialah selebar ujung jari tengah
  5. Serta thum breadth ialah pengukuran menggunkan bunda jari

Manfaat Macam-Macam Alat Ukur

fungsi alat ukur
okezone.com

Alat ukur jadi salah satu perlengkapan yang manfaatnya berguna dalam kehidupan setiap hari. Maksud dari alat ukur sendiri tidak cuma perlengkapan ukur panjang semacam penggaris, tetapi juga perlengkapan ukur lain misalnya buat mengukur berat, waktu, temperatur serta lain sebagainya.

Dengan ataupun tanpa sadar tiap orang memakai perlengkapan ukur dalam bermacam aktivitas ataupun kegiatan setiap hari. Seperti Alat mengukur panas anak ketika sakit, alat ukur panas oven saat memasak, dan masih banyak lainnya.

Jenis-Jenis Alat Ukur

macam atau jenis-jenis alat ukur pada umumnya ini dibagi kedalam beberapa jenis. Seperti alat ukur panjang, alat ukur massa, zat, alat ukur kuat arus dan lain sebagainya. Karena alat ukur ini memiliki macam yang banyak, mari kita kenali satu-persatu jenis alat ukur, seperti berikut:

A. Alat Ukur Panjang

1. Mistar/Penggaris

alat ukur panjang
shopee.com

Alat ukur yang terkenal dengan nama penggaris ini merupakan sebuah jenis alat ukur serta alat bantu menggambar untuk menghasilakn garis lurus. Mistar sendiri juga dibagi kedalam beberapa macam, seperti:

  • Mistar segitiga
  • Mistar lurus

Berikut juga dengan bahan dari macam-macam alat ukur ini biasanya terbuat dari:

  • Plastik
  • Logam
  • kayu, dll

2. Meteran

gambar meteran kain
lazada.com

meteran ialah perlengkapan ukur panjang yang biasa digunakan dalam bangunan. Ketelitian pengukuran pada rollmeter hingga 0, 5 milimeter. Pada dasarnya perlengkapan ukur panjang ini sama dengan mistar, hendak namun lebih panjang dan dapat digulung.

Satuan yang dapat digunakan pada meteran merupakan milimeter serta centimeter, feet ataupun inch. Panjang dari meteran ini umumnya sangat bermacam- macam, buat varian pendek umumnya berdimensi 3 ataupun 5 m. Sebaliknya buat ukur panjang dapat menggapai 10, 20, 30, 50 apalagi 100 m.

3. Jangka Sorong

fungsi jangka sorong
alihamdan.com

Jangka serong ialah alat yang mempunyai ketelitian sangat perinci ialah menggapai seperseratus millimeter. Jangka serong ini terdiri dari 2 bagian, ialah geser( serong) serta rahang senantiasa.

Skala panjang yang terdapat pada rahang senantiasa ialah skala utama, sebaliknya skala pendek pada rahang geser ialah skala nonius ataupun Vernier. Skala utama pada perlengkapan ukur ini merupakan centimeter serta milimeter, sebaliknya skala noniusnya merupakan 9 milimeter setelah itu dipecah 10 skala.

4. Mikrometer Sekrup (Ulir)

mikrometer sekrup alat ukur panjang
fisikabc.com

Mikrometer sekrup yakni alat ukur yang mempunyai tingkatan akurasi besar dan mempunyai presisi besar. Dimana, mikrometer dapat memandang dan mengukur barang dengan satuan ukur yang memiliki ketelitian hingga 0, 01 milimeter.

Biasanya micrometer digunakan pada metode mesin dan elektro sebab akurasinya yang begitu bagus dalam mengukur diameter dan ketebalan barang dengan dimensi sangat kecil. Barang yang dapat diukur memakai mikrometer sekrup antara lain merupakan rambut, kertas, lempengan baja, seng, diameter kabel, kawat, serta masih banyak yang lain.

B. Alat Ukur Massa

1. Neraca Ohanus

neraca ohaus
shopee.com

Neraca ohaus ialah perlengkapan ukur massa yang memiliki ketelitian 0, 1 gr serta terdiri dari 3 skala. Skala awal mengenakan ratusan gr, skala kedua mengenakan puluhan gr serta skala ketiga mengenakan satuan gr.

Prinsip kerja dari neraca ini yakni menyamakan massa barang yang hendak diukur dengan anak timbangan yang terletak pada neraca Ohaus itu sendiri. Keahlian pengukuran neraca ohaus dapat diganti dengan menggeser posisi anak timbangan sejauh lengan.

2. Neraca Pegas

alat ukur massa
bukalapak.com

Dalam kehidupan tiap hari bisa jadi Kamu lebih sering di dengar menyebutnya sebagai dynamometer. Dimana perlengkapan ukur massa ini kerap kali digunakan pada laboratorium fisika sebab sangat gampang serta efisien dalam mengukur massa barang yang ringan.

Neraca pegas mempunyai 2 skala, ialah skala N/newton yang berperan buat mengukur berat barang serta skala Gram/gr yang berperan buat mengukur massa barang.

3. Timbangan Digital

timbangan digital
Sentral Alkes

Timbangan maupun neraca digital ini ialah alat ukur massa otomatis yang sanggup membagikan hasil presisi serta lebih instan. Metode penggunaannya juga sangat gampang, cuma meletakkan barang di atasnya, setelah itu hendak timbul hasil massa barang tersebut pada layar digital yang ada.

Ketelitian neraca digital sendiri menggapai 0, 001 gr. Dengan tingkatan ketelitian yang begitu besar, timbangan ini kerap digunakan pada laboratorium buat mengukur massa barang yang begitu kecil.

Baca Juga: Macam-Macam Timbangan

C. Alat Ukur Suhu

1. Thermometer

kegunaan termometer
aladokter.com

Termometer adalah alat pengukur temperatur yang menggunakan sifat termometrik sesuatu zat, yaitu transformasi sifat- sifat zat yang disebabkan pergantian temperatur zat tersebut. Pada dikala awal kali ditemui, perlengkapan ukur ini diucap dengan thermometer hawa, karena dilengkapi dengan bola kaca serta sebatang pipa kaca panjang.

Pipa panjang ini nantinya dicelupkan pada cairan bercorak. Dikala bola kaca dipanaskan, hawa pada pipa kan mengembang sehingga sebagian hawa di pipa keluar. Tetapi kala bola didinginkan hingga hawa di pipa hendak menurun sehingga sebagian air hendak naik ke pipa.

Bersamaan pertumbuhan era, saat ini Kamu telah dapat memakai thermometer raksa. Disebut thermometer raksa karena pada thermometer ini terdapat air raksa yang berperan sebagai penanda temperatur. Air raksa hendak mengembang bila thermometer memegang barang yang lebih hangat raksa.

Secara totalitas, thermometer dapat diisi dengan bermacam barang, baik barang zat cair maupun padat. Berikut merupakan sebagian jenis thermometer:

Thermometer diisi dengan barang cair:

  1. Termometer laboratorium
  2. Thermometer ruang
  3. Termometer klinis
  4. Termometer Six- Bellani

Thermometer yang diisi dengan barang zat padat:

  1. Termometer bimetal
  2. Termokopel
  3. Thermometer hambatan

Termometer optis:

  1. Pirometer
  2. Termometer infrared

D. Alat Ukur Waktu

1. Stopwacth

alat ukur waktu, stopwacth
alibaba.com

Stopwatch ialah perlengkapan ukur waktu yang dipakai buat mengukur lamanya waktu yang diperlukan pada suatu aktivitas, misalnya buat mengukur berapa waktu yang diperlukan seorang dalam menempuh jarak dari titik A ke titik B.

Perlengkapan ukur waktu ini dibagi jadi 2 berbagai ialah stopwatch analog serta stopwatch digital. Buat stopwatch analog memiliki batasan ketelitian 0, 1 second serta stopwatch digital memiliki batasan ketelitian hingga 0, 01 second.

Metode pemakaian perlengkapan dimensi waktu ini yakni dengan menekan tombol start setelah itu tekan lagi buat menghentikan penghitungan waktu. Buat digunakan lagi, kembalikan stopwatch pada waktu nol terlebih dulu.

2. Jam

jam tangan rolex terbaru
shopee.com

Alat ukur waktu ini ialah salah satu yang sangat terkenal dibanding perlengkapan ukur yang lain. PAda pembuatannya, lama suatu jam merupakan 1/ 24 hari. Dimana dalam satu jam dipecah jadi sebagian unit waktu yang lebih kecil lagi ialah 60 menit serta 3600 detik.

Biasanya dalam tiap tipe jam dilengkapi dengan duri second, duri menit serta duri jam. Satuan terkecil pada jam yakni detik. Di masa saat ini ini Kamu pula dapat menjumpai tipe lain dari jam, ialah arloji ataupun jam tangan. Prinsip kerjanya sama persis cuma berbeda dimensi serta desainnya.

E. Alat Ukur Listrik

1. Amperemeter

pengertian amperemeter
wikipedia.com

Amperemeter yakni alat ukur listrik yang digunakan buat mengukur kokoh arus listrik baik buat arus AC maupun DC yang terdapat pada rangkaian tertutup. Umumnya amperemeter dipasang berderet dengan elemen listrik.

2. Kwh Meter

kwh meter fuji

KWH meter adalah alat yang biasa dipakai oleh pihak PLNuntuk menghitung besar kecilnya penggunaan daya oleh pelanggan. Alat ini mudah ditemukan pada rumah-rumah penduduk.

Bagian utama yang terdapat dari KWH meter ialah:

  1. Kumparan tegangan
  2. Piringan alumunium
  3. Kumparan arus

Dan magnet tetap bertugas untuk menetralkan piringan alumunium dari induksi medan megnet serta gear mekanik yang mencatat jumlah putaran piringan alumunium.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai macam-macam alat ukur. Semoga dapat bermanfaat, Terimakasih.

Untuk info menarik lainnya seputar alat ukur, kalian dapat membacanya di enjiner.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan