contoh jenis jenis kain

Pilihan Tepat Jenis-Jenis Kain Untuk Baju Gamis

Jenis-jenis kain – Kain adalah suatu bahan hasil dari tenunan benang kapas, benang sutra juga benang sintesis. Kain biasa diseut dengan istilah dari tekstil. Sedangkan tekstil sendiri memiliki arti sebagai material fleksibel yang  yang terbuat dari tenunan benang.

jenis jenis kain
pict by google

Tidak hanya di tenun, tekstil dibentuk dengan cara penyulaman, pengjahitan, pengikatan, dan cara pressing. oleh karena itu istilah tekstil sering disamakan dengan istilah kain.

Setelah kita tahu pengertian kain, “maka apa itu baju gamis?” Baju gamis adalah pakaian muslim wanita (muslimah) dengan model baju yang menyatu antara atasan dan bawahan yang berbentuk lurus, panjang dan longgar untuk menutupi seluruh badan dari lehar sampai ke mata kaki.

Baju gamis awalnya berupa jubah hitamyang biasa digunakan oleh para wanita muslim di wilayah timur tengah dan negara-negara islam lainya. Gamis memiliki istilah lain yang berarti jubah, jubah sendiri yaitu sejenis baju kurung atau bisa disebut baju yang menutupi badan dari leher sampai ke mata kaki.

Tak Hanya Kain Katun, ini 3 Jenis Kain yang pas untuk Baju Gamismu

bahan kain katun
pict by google

Berbicara tentang baju gamis, baju gamis awalnya selalu identik dengan kain katun. Karena kain katun memiliiki bahan kain yang lembut, dingin, serta mudah untuk dibentuk dan dijahit. Kain katun menjadi tren kain baju gamis yang selalu melekat dihati para pecinta gamis.

Tak selalu kain katun, kain memiliki banyak sekali jenisnya. so, sangat perlu bagi kita untuk mengenali jenis-jenis model dan bahan kain agar kita dapat mengerti bahan kain yang akan kita beli untuk membuat baju ataupun membeli baju di online shop.

Karena banyak dari pembeli baju di online shop yang kecawa dengan apa yang mereka dapatkan saat membeli baju. Itu semua terjadi karena ketidaktahuan pembeli tentang info deskripsi foto, harga, maupun ketidaktahuan dari seorang pembeli tentang jenis-jenis kain yang akan dibelinya.

Maka daripada itu sebelum kita membuat baju gamis maupun membeli baju gamis kenali jenis-jenis kain yang sesuia dengan keinginanmu. Memilih kain untuk baju gamis sangatlah tidak mudah, dikarenakan baju gamis itu tidak boleh menggunakan bahan kain yang dapat membentuk badan .

“Susah mencari baju gamis yang murah dengan kualitas yang bagus, membuatmu ingin membuat baju gamis sendiri dengan menjahit?” Mengapa saya bilang begitu, karena sebenarnya dengan menjahit baju sendiri, kita dapat lebih menghemat uang.

Karena kita hanya menggeluarkan biaya untuk membeli kain dan benang tanpa harus memberi ongkos penjahit. Jadi kalian tertari untuk mencoba membuat baju gamis sendiri? Berikut saya rekomendasikan jenis-jenis kain yang tepat untuk jadi pilihanmu membuat baju gamis.

Kain Crepe

macam-macam kain crepe
pict by google

Jenis kain satu ini pada dasarnya terbuat dari bahan sutra, wol, polyester, dan juga katun. Crepe merupakan jenis kain yang unik dan banyak diminitai oleh kaum hawa.

Kain crepe merupakan jenis kain yang memiliki tekstur yang bersifat lentur, fleksibel, juga tidak kaku, namun permukaanya bertekstur seperti butiran-butiran kerikil.

Meskipun kain crepe memiliki tekstur yang tidak halus, namun inilah hal yang membuat kain crepe menjadi daya tarik tersendiri.

Jenis kain ini memiliki bahan yang tebal sehingga saat kain digunakan tidak menerawang, itu sangatlah cocok untuk kalian yang sedang bingung memilih jenis-jenis kain apa yang cocok untuk membuat baju maupun gamis.

Baca juga : Jenis-jenis jaket

Karena kain crepe terbuat dari berbagai macam bahan kain, kain crepe sendiri memiliki jenis-jenis tipe kain seperti berikut.

1. Crepe de Chine

Kain crepe de shine yaitu jenis kain yang  bahan dasarnya atau serat kainya itu terbuat dari sutra sehingga warna yang dihasilkan tidak berkilauan.

Memiliki tekstur kain yang ringan, namun berpasir, dan finishing warna yang tidak mencolok Jenis kain ini sangat cocok digunakan untuk membuat baju gamis.

2. Wool crepe

Jenis kain crepe pertama adalah wool, dibuat dengan teknik tenun polos dari serat wool yang berasal dari bulu hewan membuat kain ini cocok untuk dipakai saat cuaca dingin.

Memiliki desain kain yang sederhana, kain wool crepe ini ternyata juga cukup tahan air sehingga tidak terlalu cepat basah saat terkena air hujan, tahan terhadap api dan juga bisa menahan air tanpa merasakan basah, membuat kain ini kerap di cari oleh para penjahit baju gamis.

Memiliki banyak keunggulan dalam bahan membuat jenis-jenis kain crepe ini di bandrol dengan harga yang sesuai tentunya dengan kualitas kain.

Kain Madame

bahan kain madame
pict by google

Kain madame ini terkenal dengan kain yang memiliki harga cukup mahal. Namun sebanding dengan harga, kain madame ini memiliki kualitas yang bagus.

Khusu bagi mereka yang mengutamakan kualitas dan demi berbusana syar’i, maka bahan kain ini sangat direkomendasikan sekali. Meskipun bukan tergolong dengan kain katun.

Bahan madame ini adalah bahan dengan kain yang halus dan adem layaknya kain katun. so, kalian bisa menambahkan kain madame ini kepilihan jenis-jenis yang kalian inginkan untuk membuat baju maupun gamis ya.

Mosscrepe

jenis jenis kain mosscrepe
pict bby google

Salah satu jenis kain yang sekarang menjadi tren di golongan para jenis-jenis kain untuk membuat gamis. Kain moscrepe sendiri memiliki karakteristik bahan kain yang cukup tebal.

Memiliki serat kain yang rapat membuat kain satu ini tentu saja tidak menerawang. Mosscrepe memiliki tekstur kain seperti jeruk seperti butiran pasir yang tersusun.

Namun itulah daya tarik dari jenis kain mosscrepe itu sendiri, sehingga daya tarik itu dapat menjadi tren di antara jenis-jenis kain yang lainnya. Jenis kain mosscrepe ini terbilang cukup mahal untuk ukuran harganya dibandingkan dengan kain wolfis.

Ingin punya gamis di akhir bulan? Berikut jenis-jenis kain murah cocok untuk referensimu

1. Kain Balotelli

bahan kain baloteli
pict by google

Kain dengan bahan yang cukup tebal dengan tekstur yang sangat khas, juga sebagian kain ini memiliki motif atau jenis kainnya membentuk kotak-kotak kecil yang bergaris.

Membuat kain ini sempat menjadi tren kain untuk gamis yang dijual dengan murah. Murah bukan berarti kualitasnya tidak bagus ya. Karena memiliki serat kain yang rapat membuat kain ini tebal dan tentunya tidak menerawang.

Yang artinya kain ini sangat cocok untuk kamu yang ini membeli kain untuk membuat baju dengan buged yang sedikit, namun tetap ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Kain Linen

bahan kain linen
pict by google

Kain linen merupakan salah satu jenis kain yang terbuat dari serat alami. Kian linen memiliki sifat yang kaku, tebal dan memiliki permukaan kain dengan tekstur yang terlihat agar kasar.

Namun saat kain ini sudah sering dipakai, kain ini akan terasa halus dan lembut. Kain linen sangat cocok dipakai untuk wilayah dengan cuaca yang panas maupun cuaca yang dingin.

Kain linen dapat menyerap keringat dengan baik saat panas, juga dapat menghangatkan tubuh saat cuaca dingin. Kain linen ini dapat di beli dengan harga yang cukup terjangkau.

3. Kain wolfis

jenis kain wolfis
pict by google

Kain ini adalah salah satu jenis kain dengan bahan yang terbuat dari campuran kain sutra, katun dan tambahan serat sintesis. Kain wolfis ini memiliki ketebalan dibawah bahan jersy sehingga lebih ringan dan tipis.

Meskipun demikian, kain wolfis ini memiliki kelebihan yang tidak tembus pandang. Karakteristik kain yang adem, ringan, tidak transparan dan halus membuat kain wolfis ini cocok dan sesuia apabila digunakan di daerah tropis seperti Indonesia.

Kelebihan dari kain wolfis ini yaitu, kain ini memiliki berbagai macam jenis warna yang sangat beragam dibandingkan dengan kain katun. Namun banyak dari orang-orang suka memakai bahan wolfis dengan warna hitam.

Karena warna hitam ini yang netral dengan semua setelan pakaian, juga ada salah satu faktor dimana dulu awalnya orang-orang timur tengah banyak menggunakan bahan wolfis ini sebagai bahan abaya atau gamis.

Dengan warna yang beragam juga kualitas bahan kain yang cukup bagus membuat kain wolfis menjadi salah satu kain pilihan para pecinta baju gamis murah.

Berikut diatas adalah penjelasan secara lengkap mengenai jenis-jenis kain yang semoga dapat membatu temanteman semua dalam menentukan bahan kain baju gamis pilihan hati kalian.

 

 

Tinggalkan Balasan