Mengenal Jenis-jenis Jaket Zaman Now dengan Model Kekinian

Jenis-jenis jaket – Jaket memiliki arti sebagai baju luar yang memiliki panjang dari pinggang atau sampai pinggul, jaket biasa di pakai untuk menahan angin dan cuaca dingin. Namun setelah berjalanya perubahan waktu, fungsi jaket tidak hanya sebagai penghangat tubuh saja, melainkan sekarang jaket juga menjadi tren fashion.

Tren fashion jaket sendiripun terjadi di Negara Tropis kita Indonesia. Jaket menjadi tren fhasion di Indonesia terutama di kalangan para remaja juga fashionista, yang bertujuan selain untuk menjaga tubuh dari dingin dan panasnya cuaca, jaket digunakan agar sang pemakai terlihat lebih keren dan trendi atau kekinian.

Berbeda dari kemeja, jaket terbuat dari bahan kain yang tebal dan sering bahan untuk membuat jaket di beri isi kain pelapis juga, penghangat di bagian dalam jaket. Tidak seperti kemeja, jaket tidaklah langsung di pakai untuk bersentuhuan langsung dengan kulit. Oleh sebab itu jaket juga tidak perlu untuk terlalu sering di cuci, bahkan sebagian besar jaket juga terbuat dari bahan yang tidak bisa di cuci.

Baca juga: Arti OOTD

Tak hanya memakainya, kita juga harus tau macam-macam jaket agar benar dalam merawatnya

1. Jaket Kulit

Jaket yang terbuat dari bahan kulit binatang yang berkualitas baik, entah dari kulit asli, sintetis, maupun kulit buatan. Jaket kulit memiliki fungsi yang sama pada jaket-jaket yang kita pakai, yaitu untuk melindungi diri dari cuaca dingin maupun panas.

Jaket kulit memiliki bentuk tampak depan dengan resleting, kancing, sabuk. Itu semua contoh alat yang digunakan untuk membuka dan menutup bukaan jaket kulit. Memiliki desain yang sederhana namun tetap menarik dan elegan jaket kulit lebih banyak disukai oleh para kaum laki-laki.

Namun tak jarang juga dengan wanita, sekarang jaket kulit menjadi tren fashion yang juga banyak di gunakan oleh para kaum wanita, dengan tujuan untuk menjaga diri dari cuaca juga hanya untuk sebagai tren, penunjang penampilan dan fashion.

Jaket kulit memiliki perawatan jaket yang terbilang mudah untuk dilakukan. Karena cukup dengan mengelap jaket menggunakan cairan pembersih jaket kulit, atau dengan air hangat dan sabun cuci piring, tanpa harus mencucinya dengan air dan sabun secara langsung. Juga menjemurnya di dalam ruangan tanpa terkena sinar matahari secara langsung maka jaket sudah bersih dan bisa tetap tahan lama.

2. Jaket Boomber

 

Awal terciptanya jaket boomber yaitu saat digunakan oleh para pilot  pada saat militer, tepatnya pada Perang Dunia pertama. Terbuat dari bahan yang tebal, membuat jaket boomber ini memiliki bentuk ciri khas bulky atau gemuk.

Selain ciri khas jaket boomber yang memiliki bentuk yang besar, jaket boomber ini juga identik dengan resleting saku di lengan jaket sebelah kirinya. Jaket boomber memiliki banyak model yang selalu menjadi tren, yang membuat banyak orang-orang memakainya.

Cara merawat jaket boomber inipun terbilang sangat mudah, karena kalian dapat mengelapnya, atau juga bisa dengan mencucinya langsung dengan air dan deterjen yang cair.

Baca juga: Jenis-jenis kain

3. Jaket Parka

 

 

Jaket dengan jenis mantel (coat) ini memiliki ciri-ciri jaket yang dilengkapi oleh hodie atau cupluk untuk melindungi kepala. jaket parka sendiri juga sering dilapisi oleh bulu-bulu asli maupun tiruan. Yang bertujuan untuk melindungi dari dinginnya cuaca.

Jaket parka ini memiliki panjang dari leher sampai ke bagian lutut kaki, jaket dengan panjang yang ekstra ini membuat jaket parka menjadi salah satu jaket yang di gunakan di musim dingin.

Cara merawatnyapun mudah hanya dengan mencucinya saja dan menjemurnya di dalam ruangan tanpa terkena sinar matahari secara langsung, membuat jaket parka kalian menjadi bersih dan tetap tahan lama.

4. Sport Jaket

 

Jaket yang berasal dari berbagai aneka bahan, tekstur, model, motif, warna. Membuat sport jaket memiliki potongan sederhana mirip seperti jas. Jaket yang banyak digunakan untuk acara di luar ruangan ini tentunya juga banyak di jadikan sebagi tren fashion untuk menunjang penampilan sang pemakai jaket.

Cara merawat sport jaket ini sanagtlah mudah dengan hanya mencucinya bisa menggunakan mesin cuci dan langsung menjemurnya di bawah sinar matahari.

5. Jaket Varsity

Jaket yang awalnya hanya di gunakan oleh mahasiswa Universitas Harvad ini menjadi sebuh iconic yang memiliki ciri khas jahitan bordir huruf atau stiker yang ada di sebelah dada kiri jaket. Namun setelah berjalannya waktu, jaket ini menyebar penggunaanya ke kampus-kampus hingga ke sekolah menengah keatas dan kini dipakai oleh semua kalangan.

Jaket varsity di Indonesia sendiri dikenal dengan jaket baseball, jaket inipun menjadi sebuah tren yang di gemari oleh para anak muda termasuk di Indonesia. Dengan model yang beragam dan kekinian membuat jaket ini menjadi suatu fashion terlaris.

Cara mencuci jaket baseball ini dapat dengan membalikkan bagian dalam jaket keluar untuk menghindari rusaknya jahitan bordir diluar jaket, mencucinya dengan tangan maupun mesin cuci dan langsung menjemurnya dibawah sinar matahari.

6. Trench Coat

 

Coat yang memiliki arti mantel, sedangkan trench coat yaitu mantel dengan versi yang ringan, lengan yang dapat digulung pendek serta tahan air. Berbeda dengan mantel tebal yang biasa kita pakai, ciri khas dari trench coat ini adalah terbuat dari bahan yang anti air, kerah yang lebar, terdapat satu sabuk dipinggang serta memiliki tali di sekitar lengan.

Ciri lainnya adalah coat ini memiliki 10 kancing depan, juga memiliki tali di bahu yang berdekatan dengan kancing, memiliki ciri khas warna tradisional yaitu warna khaki.

Cara merawat trench coat ini dengan mencuci dengan tangan secara perlahan dengan dertgen yang cair dan kandungan detergen yang ringan, agar tidak merusak tekstur dari bahan trench coat itu sendiri.

7. Over coat

Mantel ini merupakan outer tradisional yang keren dengan aksen atau model yang sederhana yang dapat menjadi daya tarik sang pemakai. Mantel dengan panjang dari leher sampai kelutut ini tidak hanya digunakan disaat musim dingin.

Dengan bahan over coat yang beragam, over coat tidak hanya digunakan disaat musim dingin. Melainkan juga bisa digunakan saat musim semi maupun gugur, karena over coat dapat menunjang penampilan dan menjadi fashion yang dapat di gunakan di segala aktivitas dan cuaca.

Cara merawat over coat sendiri sama seperti merawat coat-coat yang lainya, seperti contoh diatas yang sudah saya jelaskan.

Baca juga : Arti Outfit

8. Mackintosh Coat

 

Jaket yang berbentuk seperti mantel ini diciptakan oleh ahli kimia yang berasal dari skotlandia. Tidak heran jika mantel ini memiliki model atau bentuk seperti jas laboratorium, namun mackintosh coat ini memiliki warna-warna yang cerah juga gelap yang dapat kita padukan dengan setelan baju kita.

Terbuat dari bahan anti air membuat mackintosh coat sering dipakai untuk melindungi diri dari hujan, hujan es juga salju. Dengan berkembangnya dunia fashion membuat mackintosh coat menjadi salh satu tren yang biasa di pakai saat ke kantor maupun acara yang formal.

Berikut diatas adalah jenis-jenis dari jaket beserta cara merawatnya agar tetap bisa bertahan lama. Kenali jenis jaketmu dan selamat mencoba!

 

Tinggalkan Balasan