Arti Ootd, Beserta Contoh Style Ootd

Arti OOTD – Ootd, diterjemahkan dari bahasa inggris yaitu Outfit of the day memiliki arti Bahasa Indonesia adalah pakaian yang di pakai hari ini. Lebih tepatnya ootd ini berarti dimana kita menunjukkan style asesoris hingga pakaian kita yang kita gunakan sehari-hari maupun disaat ada acara tertentu.

Istilah ootd ini sering digunakan oleh para pengguna web juga media sosial. Banyak dari pengguna web dan media sosial contohnya instagram membagikan info juga foto yang menampilkan gaya ootd mereka berikut dengan memberikan caption #OOTD.

Mereka melakukan itu tak hanya untuk semata-mata mencari kesenangan tetapi juga untuk berbagi info dan referensi untuk para followers mereka. Tak tanggung-tangung mereka rela berfoto dengan pose dan background yang sangat indah walaupun itu susah dilakukannya, demi hasil foto yang bagus untuk ootdnya itu.

Macam-macam Style Ootd dari yang casual untuk sehari-hari sampai dengan ootd hijab untuk acara formal

Sebenarnya ootd sendiri tidak memiliki definisi yang segnifikan untuk mendekripsikan tentang apa saja macam-macam style ootd. Karena seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa ootd adalah style yang kita gunakan sehari-hari yang berarti tidak ada ketentuan yang pasti, hanyalah apa yang sedang kita pakai itulah ootd kita.

Namun setelah berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, banyak dari fashionista juga para bloger mereka banyak memberikan referensi berbagai style ootd. Yang mana referensi itu membentuk tren sebagai macam-macam style ootd.

Berikut contoh macam-macam style ootd.

Ootd Casual

ootd casual

Casual sendiri berasal dari bahasa inggris yang memiliki arti pakaian yang tidak formal, atau pakaian tradisional yang di pakai saat semi formal maupun informal. Maka gaya casual inilah yang sering kita dengar maupun digunakan oleh para fashionista dan bloger, karena ootd casual ini memiliki gaya yang santai dan sederhana.

Sehingga kita dapat nyaman maupun mudah untuk memadupadankan dengan styel pakaian yang kita miliki. gaya ootd casual ini lebih banyak di gunakan saat musim semi, summer, dan musim gugur. Gaya ootd casual sendiri sering berkaitan dengan penggunaan sweater, kaos polos juga gaya-gaya baju yang sederhana dengan bawahan rok maupun celana jeans.

Gaya casual ini biasanya identik dengan pemakain baju atau ouitfit dengan warna-warna yang kalem, soft atau bahasa yang sedang tren saat ini adalah warna-warna pastel.

Tak hanya ootd casual, Indonesia juga sedang berada di fase dimana banyak dari masyarakat Indonesia yang membuat tren ootd hijab.

Ootd Hijab

ootd hijabers

Ootd hijab, ootd dengan gaya style yang disertai dengan memakai jilbab, turban untuk menutupi kepala (aurat). Ootd hijab juga biasa di padu-padankan dengan memakai gamis atau jubah di sertai asesoris seperti outer maupun asesoris untuk hijabnya sendiri.

Ootd hijab ini sedang tren di kalangan para fashionista, bloger dan influencer di berbagai macam belahan Dunia. Orang yang menggunakan style ootd hijab ini sering disebut sebagai hijabers. Hijaber atau yang lebih di kenal sebagi tren senter ootd hijab di kalangan masyarakat maupun media sosial.

Biasanya para pemakai ootd hijab ini lebih berani memadukan semua jenis warna kedalam ootdnya.

Ootd hijab memiliki banyak referensi pilihan model, gaya style. Seperti memakai gamis, pakaian panjang yang menutup aurat berikut dengan bawahan rok dan celana kulot dan atasan jilbab yang simple sering kali menjadi pilihan para hijabers atau ootd dari banyak orang untuk kesehariannya dan acara tertentu.

Ootd hijab tak hanya digunakan dalam keseharian, namun ootd hijab sering digunakan dalam acara yang formal, seperti acara kondangan, dan acara-acara formal tertentu.

Tidak hanya style ootd hijab saja yang bisa kita pakai dalam acara formal. Ootd dengan style clasic pun sering kali menjadi pilihan untuk digunakan saat akan menghadiri acara formal.

Ootd Style Clasic

vintage pict

Ootd style clasic ini sekarang sedang digandrungi oleh para bloger, media sosial dan influencer maupun masyarakat di Indonesia. Tak lain karena style clasic itu membuat kita dapat bernostalgia pada era tahun 80-90 an. Era dimana style clasic ini  banyak disukai oleh semua kalangan sampai sekarang.

Style clasic ini menjadi booming lagi karena  sesungguhnya style clasic ini dapat memberikan kesan formal, elegan maupun kesan vintage yang dapat menarik perhatian dari orang-orang sekitar. Ootd style clasic juga banyak di gunakan karena style ini mudah di padu-padankan dengan pakaian-pakaian lama yang kita punya.

Karena gaya vintagenya ootd style clasic ini lebih banyak menyusun tema pakaian dengan warna-warna gelap. Seperti monokrom juga warna vintage ke orange-orange an. Para pemakai style clasic ini biasanya banyak menggunakan asesoris berupa alas kaki semacam flatshoes, boot dari kulit juga pemakaian blus dan celana lebar atau yang lebih seirng disebut dengan kulot.

Tak hanya Ootd style clasic namun ada lagi style yang sering di gunakan untuk acara formal yaitu glamour ootd style.

Ootd Glamour Style

ootd glamour

Bingung harus memakai ootd apa saat akan menghadiri acara formal? Selain memakai ootd hijab dan clasic kalian bisa juga mencoba menggunakan ootd dengan style glamour.

Glamour sendiri memiliki arti dari Bahasa Inggris yaitu pesona, juga arti dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)  yang artinya gemerlap. Ootd glamour style ini biasa dipakai saat menghadiri acara-acara yang bersifat semiformal dan formal.

Biasanya orang-orang yang memakai gaya style glamour ini lebih berani dalam memadukan warna-warna pakaian yang lebih menyala atau terang. Juga dengan motif baju yang beragam dan memiliki daya tarik.

Sudah bukan rahasia lagi jika gaya style ootd bukan hanya dapat dipakai untuk sehari-hari namun juga bisa digunakan untuk acara semi formla dan acara formal. Berikut satu contoh terakhir gaya style ootd yang banyak digunkan oleh banyak orang di berbagai kalangan dalam kegiatan semiformal maupun formlanya.

Ootd Style Elegan

Elegan sendiri memiliki arti rapi, aggun. Biasanya gaya ootd ini banyak dipakai oleh orang-orang yang memiliki acara semiformal, formal, dan pakaian untuk pergi ke kantor.

Orang-orang bisanya memakai rok dan pakaian atasan yang rapi juga sopan. Gaya elegan ini juga sering dikaitkan dengan cara pemakaian yang simple dan sederhana. Pemakai style elegan ini lebih banyak menggunakan pilihan warna seperti putih dan warna-warna soft juga gelap. contohnya warna coklat dll

Baca juga: Jenis-jenis kain

Agar Tidak Bosan dengan style Ootd Kalian, Berikut Asesoris Penunjang Gaya Style Ootd yang Wajib Kalian Ketahui

1. Anting

Sebuah asesoris untuk menunjang style yang biasa disebut dengan perhiasan yang berbahan dari emas, perak maupun plsatik. Anting ini menjadi sebuah item yang sangat berpengaruh bagi penampilan penambah daya tarik dari ootd kita.

Penggunaan anting cocok dipakai saat kita menggunakan ootd selain casual ya, karena casual adalah ootd sederhana kesehariayn kita. Lebih baik untuk memiliki tampilan yang sederhana dan apaadanya.

Bahkan pengguna ootd hijabpun sekarang lebih banyak menggunakan anting sebagai asesoris penunjang style mereka, degan cara mengaitkan anting kedalam kerudung atau jilbab mereka. Menggunakan anting yang memilki motif besar dan unik menjadi daya tarik tersendiri untuk penikmat maupun pengguna ootd tersebut.

2. Flatshoes dan Sneakers

Dua jenis alas kaki yang berbeda ini sering kali menjadi pilihan banyak dari pengguna ootd dalam kesehariannya maupun dalam acara-acara semiformal dan acara formal.

Flatshoes sendiri memiliki pengertian sebagai sepatu atau sepatu dengan desainya seperti sendal yang memiliki hak yang datar. Flatshoes sendiri lebih banyak digunakan untuk melengkapi style ootd acara formal.

Berbeda dari flatshose, sneakers memiliki arti sebagai sepatu yang dirancang untuk olahraga atau bentuk latihan fisik lainya. Namun dengan berkembangnya Dunia fashion membuat sneakers lebih sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari maupun semi formal.

3. Cardigan dan Jaket

cardigan

Baju luar pelapis ini sering dijadikan sebagai asesoris penunjang gaya style ootd dari semua kalangan. Karena memiliki model yang beragam sehingga outer dan jaket mudah di padu-padankan dengan berbagai pakaian kita.

Baca juga: Jenis-jenis jaket

Cardigan atau yang lebih sering disebut dengan outer ini berbeda dengan jaket, karena cardigan ini memiliki panjang sampai kelutut yang berbeda dengan panjang jaket yang hanya sebatas pinggang. Kedua barang diatas dapat menjadi asesoris yang cocok bagi kalian penguna ootd casual dan elegan.

Karena cardigan dan jaket memiliki gaya yang sangat beragam, simple dan sederhana jadi dapat dengan mudah kalian padu-padankan dengan style sehari-hari, semi formal hingga acara formal sekaligus.

Berikut diatas adalah penjelasan lengkap mengenai arti ootd yang dilengkapi dengan contoh style ootd casual, ootd vintage dll. Semoga bermanfaat, Terimkasih

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan